Rabu, 27 Maret 2013

SOAL DAN PEMBAHASAN UN BAHASA INDONESIA

(1) Objek wisata Pangandaran menyediakan transportasi rekreasi untuk memudahkan wisatawan menikmati keindahan pantai. (2) Wisatawan domestik maupun mancanegara dapat menggunakan transportasi untuk menikmati keindahan alam. (3) Di sepanjang tepi Pantai Pangandaran terlihat berjejer perahu untuk disewakan. (4) Dengan biaya Rp 1.000,00 saja per orang, para wisatawan dapat berputar di sekitar pantai dan menikmati keindahaan taman laut. (5) Para pedagang ikut meramaikan situasi pantai Pangandaran.
1.    Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ...
  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)
  5. (5)
Kunci : A
Penyelesaian :
Kalimat utama paragraf di atas adalah Objek wisata Pangandaran menyediakan transportasi rekreasi untuk memudahkan wisatawan menikmati keindahan pantai. Sedangkan kalimat lain merupakan kalimat penjelas.
2. Makna kata domestik dalam paragraf tersebut adalah ...
  1. asli Indonesia
  2. pribumi
  3. dalam negeri
  4. luar negeri
  5. kenegaraan
Kunci : C
Penyelesaian :
Kata domestik memiliki persamaan arti dengan kata dalam negeri. Kata penghubung maupun dalam kalimat tersebut menyatakan hubungan pertentangan antara kata sebelumnya yaitu kata domestik. Jadi, kata yang mempunyai arti berlawanan dengan kata luar negeri adalah dalam negeri.


3. Kalimat penjelas yang tidak mendukung kalimat utama dalam paragraf tersebut adalah nomor ....
  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)
  5. (5)
Kunci : E
Penyelesaian :
Gagasan utama pada wacana di atas adalah transportasi rekreasi. Kalimat nomor (1), (2), (3), dan (4) membahas tentang transportasi rekreasi sedangkan kalimat pada nomor (5) membahas tentang para pedagang yang ikut meramaikan situasi Pangandaran.
(1) Badan kependudukan PBB atau United Nations Population Fund (UNPF, dulu UNFPA), Rabu 27 Juni 2007, menerbitkan laporan tentang kependudukan dunia. (2) Laporan tersebut menyebutkan lebih dari setengah penduduk dunia atau 3,3 miliar akan tinggal di kawasan perkotaan pada tahun 2008. (3) Jumlah ini diperkirakan akan meningkat menjadi lima miliar pada tahun 2030. (4) Penghuni baru perkotaan ini adalah keluarga berpenghasilan rendah. (5) Kalau saja tidak dilakukan langkah responsif, banyak kota yang tidak akan mampu menampung pertumbuhan cepat tersebut. (6) Penyebabnya bukan migrasi, tetapi pertumbuhan alami dengan jumlah kelahiran lebih banyak daripada jumlah kematian.
4. Kalimat yang merupakan opini penulisan terdapat pada nomor ...
  1. (1) dan (2)
  2. (2) dan (3)
  3. (3) dan (4)
  4. (4) dan (5)
  5. (5) dan (6)
Kunci : B
Penyelesaian :
(2) Laporan tersebut menyebutkan lebih dan setengah penduduk dunia atau 3,3 miliar akan tinggal di kawasan perkotaan pada tahun 2008. (3) Jumlah ini diperkirakan akan meningkat menjadi lima miliar pada tahun 2030. Kedua kalimat tersebut merupakan opini atau pendapat bukan merupakan fakta karena masih dalam wacana perkiraan.

Syahdan akan Permaisuri Kuripan pun ingin rasanya ia hendak berputra laki-laki yang baik parasnya. Maka kata permaisuri: "Kakang Aji, ingin pula rasanya kita ini peroleh anak." Maka kata Nata: "Sungguh seperti kata Tuan; Kakanda pun demikianlah juga bila gerangan Kakang ini beroleh putera dengan pun Yayi, akan jadi ganti pun Kakang di dalam dunia ini, kalau-kalau kita kedua dikehendaki oleh Shangyang Sukma kembali ke kayangan kita." Maka kata Permaisuri: "Kakang Aji, marilah kita memuja pada segala Dewa-dewa memohonkan kalau-kalau dianugerahkan oleh Dewa mulia raya akan kita akan anak ini."
5. Watak permaisuri dalam kutipan tersebut adalah ....
  1. takut pada suami
  2. keras hati
  3. taat beribadah
  4. suka berkhayal
  5. tinggi hati
Kunci : C
Penyelesaian :
Perhatikanlah kalimat terakhir, "Maka kata Permaisuri : "Kakang Aji, marilah kita memuja pada segala Dewa-dewa memohonkan kalau-kalau dianugerahkan oleh Dewa mulia raya kita akan anak ini." Jadi watak permaisuri dalam kutipan tersebut adalah taat beribadah.

1 komentar: