Senin, 18 Maret 2013

Danau Poso: Destinasi Wisata di Tanah Celebes


"....merupakan salah satu danau terindah di dunia dengan pasir putih yang terdapat pada tepi sampai di dasar danau." -Wikipedia
 Assalamualaikum :)
hey hey hey, apakah anda kaget dengan kutipan dari wikipedia diatas?pasti anda masih belum percaya kalau provinsi tercinta kita (baca:sulawesi tengah) memiliki salah satu danau terindah di DUNIA kan?bagi anda yang belum percaya monggo dilanjutkan
membaca postingan saya kali ini yang membahas Danau Poso. Cekidot :)

Letak
Danau poso terletak di Kecamatan Pamona Utara Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah. Danau yang terletak pada ketinggian 657 m di atas permukaan laut ini dapat dicapai melalui jalur darat dengan menempuh perjalanan sekitar 8 jam dari Kota Palu atau 1,5 jam dari Poso.

Pesona Danau Poso
Bagi anda yang memerlukan rehat sejenak dari segala rutinitas yang menjenuhkan atau anda yang sedang mengalami SGA (baca: Sindrom Galau Akut *penyakit baru*), danau poso dapat menjadi salah satu alternatif liburan yang menyenangkan. Apalagi anda yang berdomisili di provinsi sulawesi tengah selain menyenangkan liburan di danau poso juga tidak akan menguras dompet terlalu dalam pastinya.

Air di Danau Poso sangat bersih dan jernih. Walaupun diguyur hujan atau terjadi banjir pada beberapa anak sungai yang mengalir ke danau ini, air di Danau Poso tetap jernih dan menyejukan pandangan Anda. Uniknya, air di pinggiran danau berwarna kehijauan. Sedangkan di bagian tengah danau, airnya berwarna kebiruan.

Jangan kaget bila Anda melihat ombak di danau ini. Hal tersebut karena hembusan angin yang menyapu permukaan air danau, sehingga Anda seolah-olah sedang berada di pantai. Tidak hanya itu, di tepian danau terdapat ikan-ikan kecil, serta hamparan pasir yang putih. Pasir-pasir putih tersebut sama persis dengan pasir-pasir putih di pantai! Jadi, Anda dapat bermain di tepian danau bersama ikan-ikan kecil atau hanya sekedar menikmati hamparan pasir yang putih.

Satu lagi yang tidak boleh anda lewatkan bila berkunjung ke Danau Poso. Apa itu? tidak lain dan tidak bukan adalah makanan khas masyarakat sekitar danau poso yang populer dengan kelezatan dan rasa gurih asam pedas yang melebur jadi satu. Walaaa *alachefFarahQuinn* proudly present Sugili Bakar. Masakan ini adalah olahan ikan sugili yang merupakan ikan khas Danau Poso. Ikan ini diolah dengan bumbu rica-rica atau dabu-dabu dengan perasan jeruk nipis, tomat, dan bawang merah. Mengenai rasanya?Maknyussss (katanya,karena saya juga belum pernah makan :D)

Festival Danau Poso
Pesona danau poso tidak hanya terletak pada keindahan alamnya lho, masih ada pesona lain yang akan anda dapat bila anda berkunjung sekitar bulan oktober-november. Yup, Festival Danau Poso. Festival Danau Poso merupakan acara tahunan yang diprogramkan oleh pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah sebagai salah satu cara memperkenalkan tempat wisata dan mendongkrak wisatawan. Ada banyak event dalam festival ini,diantaranya:
a.    Pergelaran Upacara Adat Tradisi
b.    Pergelaran Tarian Daerah diiringi musik tradisi
c.    Pergelaran Musik & Lagu-Lagu Daerah
selain itu masih banyak perlombaan yang menjadi primadona di mata para wisatawan diantaranya:
1.    Pemilihan Putra/Putri Duta Wisata Sulawesi Tengah
2.    Dero Kreasi
3.    Pameran produk dan souvenir khas daerah
4.    Lomba kuliner makanan khas dan jajanan pasar
5.    Lomba Dayung  
6.    Lomba Tarik tambang diatas perahu
7.    Lomba Lari Marathon 5 K Putri/  10 K Putra
8.    Lomba Perahu Hias
9.    Lomba Engran ( moloko)

Nah,demikianlah postingan saya kali ini mengenai danau poso. semoga bisa bermanfaat :)
Wassalamualaikum

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Poso
http://www.indonesia.travel/id/destination/733/danau-poso
http://sulteng.go.id
http://travel.detik.com/read/2012/02/28/131822/1853420/1025/sentuhan-tuhan-di-danau-poso

1 komentar:

  1. ceritakan tentang yang lainnya lagi yo,, tentang danau lindu misalnyaa.... :D

    BalasHapus